Friday, August 23, 2013

Hati-Hati ada "Apel berlilin" loh!!

Pernah denger ga sih, isu tentang makanan-makanan yang dicampur bahan-bahan kimia berbahaya? Beberapa waktu lalu memang sempet heboh soal pemakaian "Formalin" yaitu zat yang digunakan untuk mengawetkan mayat, namun disalahgunakan untuk dipakai sebagai pengawet makanan. Tak lama berselang, BPOM, Lembaga pemerintah yang mengawasi kelayakan makanan dan obat-obatan untuk masyarakat, mengumumkan bahwa banyak jajanan-jajanan yang dijual para pedagang dipinggir jalan, banyak menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya yang dilarang oleh BPOM, contohnya, "Borak" yang sering dipakai oleh pedagang bakso nakal, "Sepuhan" yang merupakan zat pewarna tekstil yang digunakan supaya warna makanan terlihat menarik, "Bleng" dan banyak lagi. 
Gue sebagai konsumen was-was dengan banyaknya berita-berita kaya gitu. Apalagi sekarang di TV banyak banget program-program investigasi yang membahas tentang kelicikan para pedagang makanan yang nakal, meraup untung dengan mengakal-akali bahan makanan yang akan dijualnya. Dulu gue pernah liat tayangan tentang "Apel berlilin". Sumpah serem banget, karena gue sadar, tiap kali gue makan buah apel, kulitnya ga pernah gue kupas, ya langsung dimakan gitu aja (mengingat kulit apel cukup bagu untuk kulit dan pencegahan kanker). Nah, sejak tayangan itu, gue ga berani deh makan apel, bil khusus apel merah, kalo ga dikupas kulitnya. Berdasarkan tayangan investigasi di TV itu, apel merah yang ada dipasaran adalah yang paling banyak dipoles lilin. Hal itu supaya apel terlihat kinclong, makin menarik dan yang utama agar awet ga ada ulat.
Sekitar 3hari lalu, Bapa, beli apel merah nih guys dan gue iseng ngelakuin eksperimen seperti yang ada di tayangan investigasi TV yang gue tonton, dan ini hasil nya...


    
Apel merah awal yang akan dikerik oleh pisau.
















Apel merah yang telah dikerik oleh pisau
 
Apel merah yang telah dikerik oleh pisau (2)

Bubuk putih dari apel merah yang dikerik oleh pisau


Apel merah yang telah dikerik oleh pisau


Dari foto diatas terlihat kan perbedaan antara apel yang belum dikerik dan apel yang sudah dikerik oleh pisau. Maka dari itu guys, berhati-hatilah kalo kalian mau makan buah apel, tidak hanya apel merah saja, buah apel-apel lain juga. Hal ini untuk menghindari agar kalian tidak akan memakan lilin yang ada dikulit apel. Untuk lebih amannya, lebih baik kalian mengupas apel yang ingin kalian makan. Sekedar info nih guys, menurut tayangan investigasi yang gue tonton di TV, kita kudu waspada terutama pada buah-buah yang diimport, karena berpotensi menggunakan lilin untuk pengawetnya. Cukup sekian aja guys. Semoga bermanfaat ya, mari berbagi info ini agar kita selalu hidup sehat :D

No comments:

Post a Comment