Wednesday, December 4, 2013

Museum MH Thamrin

Temen-temen pernah dengar ga sih soal museum MH Thamrin? jujur ya, gue baru kali ini deh denger museum MH Thamrin. Tadi siang gue habis ke perpus di kenari dan ga nyangka banget ternyata ga jauh dari perpus, terselip museum MH Thamrin (lebay banget ya bahasa gue :P). Kaget dan heran sih pertama kali liet bangunan museum ini. Kalau dari segi bangunan, museum ini memang selayaknya bangunan museum-museum lainnya, khas bangunan jaman dulu dan cukup terawat. Tapi gue masih ga habis pikir, kenapa museum MH Thamrin ini harus ada didalam gang kenari yang sangat tidak strategis akses jalannya.

Ya seperti yang kalian tahu, pasar kenari adalah pasar yang terkenal dengan serba-serbi onderdilnya, selain itu bahan banguan dan pernak-pernik aksesoris rumah banyak juga tersedia disini. Jadi jangan heran lagi kalo pasar ini sangat sibuk. Gang kenari sebagai akses utama menuju museum MH Thamrin ini disamping kanan dan kiri bahu jalannya dipenuhi oleh pedagang onderdil. Selain itu hal yang paling tidak enak dipandang yaitu ketika kita masuk gang kenari dan tak berapa jauh setelah masuk gang kenari ini berjejer gerobak-gerobak sampah. Gerobak sampah ini ga hanya satu apa dua, banyak... dan jangan ditanya lagi bau apa enggak, ya jelas sudah pasti baunya nyengat banget. Betapa penuh perjuangan banget mau ke museum ini.

Dalam benak gue, agak miris sih sebenernya. Di Indonesia ini siapa sih yang ga kenal MH Thamrin? Namanya aja diabadikan jadi nama jalan, jalan utama pula di Jakarta, udah pasti MH Thamrin ini sangat berjasa makanya dikenang dengan sebegitunya. Lalu sekarang kenapa museum nya harus terpencil begini ya dan kenapa ga ada sosialisasi mengenai museum ini? Sayang banget... padahal gedung museum ini masih bagus sebenernya, dan kelihatan bersih, juga terpelihara dengan baik. Ya, kalo boleh saran sih, paling enggak gang kenari sebagai jalan utama untuk menuju museum ini dibenahilah supaya lebih luas dan akses keluar masuk mobil mudah. Selain itu sosialisasi tentang keberadaan museum ini diperkencang agar semua orang bisa tau dan bisa menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan negara kita.

Hmmm... Sepertinya sekian aja temen-temen, ini cuma cerita aja semoga kalian juga semakin mencintai sejarah bangsa dan negara kita ya, jadi tak ada lagi bangunan-bangunan bersejarah yang terabaikan :D
      

No comments:

Post a Comment