Saturday, November 20, 2010

Alienasi

Mendengar kata yang satu ini tentu kita langsung teringat pada sesosok mahluk dengan penampilan aneh yang berasal dari luar angkasa yaitu "ALIEN".

Alien dalam Bahasa Indonesia berasal dari kata serapan Bahasa Inggris yang berarti Mahluk Asing.

Adapun asal muasal kata Alienasi menjadi populer yaitu ketika Karl Heinrich Mark, seorang filsuf, pakar ekonomi politik dan teori kemasyarakatan dari Prusia mengungkapkan tentang Teori Alienasi yang terjadi di bidang ekonomi.





Alienasi, bisa diartikan sebuah proses menuju keterasingan. konsep ini dikemukakan oleh Karl Marx ketika melihat para buruh diperkerjakan untuk menambah pundi-pundi uang kaum kapitalis. Buruh dianggap sebagai sebuah komponen/ mesin-mesin penghasil kekayaan mereka (Objektivitas). Karl Marx melihat para buruh telah kehilangan jati diri, terjadi keterasingan ketika para buruh tak bisa menikmati hasil kerja keras yang telah mereka dapat atas kerjanya. namun kenyataannya kaum kapitalis mengambil alih hasil dari buruh dan menjualnya untuk mempertebal kantong mereka. Seharusnya para buruh bisa menjual hasil kerjanya untuk dirinya sendiri namun karena para buruh bukanlah penguasa layaknya kaum kapitalis, pada akhirnya yang meraup untung tetap kaum penguasa yaitu kaum kapitalis. Keterasingan bisa dikatakan adalah hasil eksploitasi dari kaum kapitalis.


Dari kata Alien sendiri yang berarti Mahluk Asing, bisa kita lihat bahwa para buruh di zaman Karl Marx sedang menuju proses keterasingan (Alienasi). Para buruh menjadi asing di bidang pekerjaan mereka, mereka tidak menerima dengan adil hasil atas kerja kerasnya dan terjadi eksploitasi terhadap hak-hak para buruh sebagai manusia dengan memperkejakan mereka sebagai mesin penghasil kekayaan kaum kapitalis.

Sekian penjelasan mengenai Alienasi, sekiranya cukup memberi pencerahan bagi para pembaca.

No comments:

Post a Comment